NEGARAISLAM

NEGARAISLAM.COM, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan,  Selasa (27/12), menegaskan pihaknya memiliki bukti lengkap dengan gambar dan video bahwa koalisi yang dipimpin oleh pasukan Amerika Serikat memberikan dukungan kepada kelompok teroris di Suriah, termasuk di antaranya Daulah Islamiyah (ISIS). Barat telah melanggar janjinya di Suriah.

“Pasukan koalisi internasional sayangnya tidak memenuhi janjinya,” kata Erdogan pada konferensi pers di Ankara.

Erdogan juga mengeluhkan bahwa alih-alih mendukung Turki, Barat juga mendukung Unit Perlindungan Rakyat dan Kurdi Demokrat Union Partai di Suriah. Dan juga, Barat mendukung ISIS.

Ia menutup pernyataannya dengan kembali menegaskan, “Buktinya sangat jelas, benar-benar jelas!”. Erdogan menjamin bisa menunjukkan bukti gambar dan video.

Di sisi lain, juru bicara Departemen Luar Negeri Mark Toner, mengelak tuduhan Erdogan tersebut. Dia menggambarkan tuduhan itu “menggelikan” dan tidak berdasar.

Seperti diketahui, Turki saat ini menghadapi perlawanan sengit dalam pertempuran di kota Al-Bab, Aleppo. Turki memimpin operasi Perisai Eufrat untuk membersihkan Suriah Utara dari ISIS dan milisi Kurdi. Turki menggandeng faksi-faksi oposisi Suriah.

Sebanyak 37 tentara Turki telah tewas di Suriah sejak awal operasi yang dimulai pada 24 Agustus lalu.

Reporter: Sulh El-Izzi
Sumber: France24

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY