NEGARAISLAM

NEGARAISLAM.COM – Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, menilai wajar banyak tenaga kerja asing asal RRC yang menyalahi aturan, mengingat negara memberi kemudahan kepada tenaga kerja asing.

“Kalau misalnya kita kasih kemudahan masuk, pasti ada aja yang nakal. Sekarang yang penting case-case-nya ditangani dengan baik. Sistemnya ya diperbaikilah,” kata Hanif di Jakarta, hari ini.

Maraknya pekerja asing ilegal membuat gundah sejumlah aliansi buruh di Tanah Air. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal meminta Menteri Hanif melakukan sidak ke beberapa industri di kawasan Pulo Gabung, Jakarta Timur, karena di sana banyak pekerja RRC yang bekerja dengan hanya mengantongi visa kunjungan. Menurut Iqbal, gaji para pekerja asing ilegal ini juga jauh lebih tinggi dari buruh-buruh pribumi.

Hanif mengatakan, pihaknya telah memiliki skema pengawasan terhadap tenaga kerja asing yang dilakukan secara periodik. Selain itu, dia mengklaim, jajarannya sangat reponsif menindaklanjuti setiap laporan dari masyatakat.

“Bener atau enggak benar itu enggak penting, begitu ada laporan dicek kalau enggak bener ya sudah, kalau benar langsung ditindaklanjuti,” ujarnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY